Virus corona adalah kumpulan virus yang menginfeksi sistem penapasan, infeksi virus corona ini pertama kali ditemukan di kota wuhan, china. Virus ini menjadi bencana dihampir seluruh Negara bahkan di negara amerika serikat terdapat 740.746 kasus positif corona.

Dikutip dari kompas.com pada senin tanggal 02/03/2020 april merupakan kasus pertama yang terjadi di tanah air menimpa dua orang warga Depok, Jawa Barat. Kasus corona ini terus bertambah sampai sekarang dengan angka yang tidak bisa dibilang sedikit. Pencegahan terus dilakukan oleh pemerintah , petugas medis, petugas keamanan dan juga masyarakat, beberapa daerah telah dilakukan PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar ) di beberapa daerah, karena virus ini beberapa orang kehilangan sumber penghasilan, adapun sebagian yang menjadi korban PHK, tentunya virus ini menjadi suatu beban yang sangat berat bagi kita semua, Ditengah bencana wabah virus corona, pada hari senin, tanggal 13 april 2019, telah dilaksanakan PKM ( Pengabdian Kepada Masyarakat ) yaitu terkait dengan bantuan sosialisasi pencegahan virus corona di kelurahan sarijadi. Program yang dilaksanakan dan diselenggarakan oleh para dosen Politeknik Pos Indonesia yaitu Rolly Maulana Awangga, S.T., M.T., Syafrial Fachri Pane, S.T., M.T.I.,EBDP, M. Yusril Helmi Setyawan, S.Kom., M.Kom., Roni Habibi, S.Kom., M.T., Muhammad Ruslan Maulani, S.Kom., MT., dan Marwanto Rahmatuloh, S.T., M.T. dan dibantu oleh mahasiswa dari himpunan teknik informatika dan juga informatics research center.


program ini dilaksanakan di kelurahan Sarijadi, kec. sukasari,  kab. Bandung, Jawa barat. Program ini berupa pemberian bantuan kepada masyarakat kelurahan sarijadi  berupa paket sembako ( beras, minyak goreng, dan tepung terigu ), masker dan juga handsanitizer, paket bantuan tersebut tentunya ditujukan untuk keperluan masyarakat yang kurang mampu. Program ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat, dan juga memberikan pengetahuan tentang virus corona ini sehingga meminimalisir kasus penularan virus yang terjadi. Paket bantuan ini diberikan kepada Drs. H. R. Sarjani Saleh, M.SI selaku camat kecematan sukasari dan disalurkan kepada Evi Sjopiah Tusti,S.AP.M.AP selaku lurah kelurahan sarijadi dengan bantuan berupa 114 paket sembako ( beras 5 kg, minyak goreng 2 lt, tepung terigu 1 kg ), 194 masker, dan 20 liter handsanitizer, dan diberikan kepada Ahmad Nurhasan, S.STP selaku Sekretaris lurah kelurahan sarijadi berupa 169 paket sembako ( beras 6 kg, minyak goreng, mie instant 8 pcs, handsanitizer 1 pcs, masker 1pcs ) yang kemudian akan diberikan kepada warga - warga yang layak menerima bantuan ini.  kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat sekitar, para dosen dan tim saling bahu membahu melaksanakan kegiatan ini, dan tidak lupa juga pada kegiatan ini mewajibkan semua orang menggunakan masker guna memastikan keamanan agar tidak terjadinya penularan virus corona. 




Tidak hanya itu pada kegiatan ini pun diberikan sosialisasi tentang pencegahan virus corona, masyarakat diberikan pengarahan pencegahan penularan virus ini, seperti dengan mencuci tangan juga melakukan physical distancing, ini sangat penting mengingat pertanggal 19 april 2019 telah mencapai 6575 kasus dengan pasien sembuh berjumlah 686 orang dan meninggal 582 orang.

Dengan telah dilaksanakanya program ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang kurang mampu juga membuka pandangan masyarakat tentang bahaya virus corona, juga mengingatkan pentingnya mencuci tangan dan juga melakukan physical distancing. Sehingga wabah virus corona ini segera berakhir.