12 Mei 2018

Pelatihan Scrum Methodology


Pada hari Jumat yang lalu, tepatnya pada tanggal 11 Mei 2018 bertempat di Program Studi Diploma 4 Teknik Politeknik Pos Indonesia telah dilaksanakan pelatihan Scrum Methodology yang diikuti oleh mahasiswa Diploma 4 Teknik Informatika mulai dari mahasiswa yang berada pada tahun pertama sampai mahasiswa yang sedang berada pada tingkat akhir mereka.

Metode Scrum ini bagian dari metode Agile, apa itu Agile? Agile Development Method yang singkatnya disebut Agile, adalah sekelompok metodologi pengembangan perangkat lunak yang didasarkan pada prinsip-prinsip yang sama atau pengembangan sistem jangka pendek yang memerlukan adaptasi cepat dari pengembang terhadap perubahan dalam bentuk apapun. Scrum sendiri memiliki kerangka kerja yang terdiri dari Product Backlog -> Sprint Backlog -> Sprint --> Working Increment. Product Backlog terdiri dari: daftar masalah dari project, masalah yang diurutkan sesuai prioritas (semakin tinggi prioritasnya, semakin detail penjabarannya).

Simplenya, Scrum ini dilakukan setiap hari, dan disebut daily scrum, yaitu dengan cara 15 menit meeting yang berisi jawaban atas 3 pertanyaan berikut:
  1. Apa yang telah dilakukan atau diselesaikan kemarin.
  2. Apa yang akan dilakukan hari ini.
  3. Apa ada permasalahan.

Di bagian sprint, scrum memberikan guide untuk scrum board yang terdiri dari tiga bagian, yaitu To Do, In Progress / Doing, dan Done. Serta Burndown Chart yang berupa sistem koordinat kartesius dengan sumbu X adalah Days dan sumbu Y adalah Work Unit. Dari chart tersebut, bisa dilihat seberapa baik kecepatan team dalam menyelesaikan pekerjaan dan permasalahan.